Jembatan-Jembatan di Indonesia

Indonesia merupakan negara dengan jutaan sungai. Seiring dengan berkembangnya suatu daerah, maka infrastruktur di daerah perlu dikembangkan. Salah satu jenis infrastruktur yang mendukung perkembangan suatu wilayah adalah jembatan. Karena demografi Indonesia yang memiliki banyak sungai, maka tidak mengherankan bahwa Indonesia memiliki jembatan-jembatan yang "legendaris".
1. Jembatan Ampera
    Jembatan ini terletak di Kota Palembang, Sumatera Selatan. Jembatan yang memiliki 2 menara kembar sebagai landmarknya dengan panjang jembatan sekitar 1,1 km ini pada awalnya memiliki keistimewaan. Keistimewaannya adalah jembatan ini bisa diangkat pada bagian tengahnya.Hal ini bertujuan untuk memudahkan kapal-kapal di sungai musi mampu berlalulintas dengan aman. Namun pada perjalannya fungsi ini tidak digunakan lagi alasannya adalah karena proses pengangkatannya membuat lalu lintas di atasnya menjadi macet. Karena itu fungsi tersebut tidak dijalankan lagi.

2. Jembatan Barito
    Jembatan Barito terdapat di kota Banjarmasin Kalimantan Selatan. Jembatan ini memiliki panjang sekitar 902 meter dengan menggunakan struktur kawar yang ditopang dengan 4 buah menara kembar. Kekhasan jembatan ini adalah pada tengah jembatan terdapat sebuah pulau (Pulau Bakut) yang dilewati oleh jembatan ini. Jembatan barito pertama kali diresmikan oleh Alm. Presiden Soeharto pada tahun 1997.

3. Jembatan Mahakam (Mahkota I)
   Jembatan Mahakam (atau biasa disebut Jembatan Mahkota I) adalah jembatan yang menghubungkan Samarinda Seberang dengan Samarinda kota. Jembatan ini diresmikan oleh presiden Soeharto pada Tahun 1987. Ciri khas jembatan ini terletak pada rangka baja segita berwarna kuning yang membentuk setengah lingkaran dengan tulisan Jembatan Mahakam. Di sisi jembatan ini juga terdapat patung ikan pesut karena ikan pesut merupakan ciri khas dari sungai mahakam.   

4. Jembatan Barelang
    Jembatan ini merupakan jembatan yang menghubungkan antara pulau batam dengan Pulau BAtam, Pulau REmpang dan pulau galaNG. oleh karena itu diberi nama Jembatan Barelang. Uniknya jembatan ini sebenarnya adalah gabungan dari beberapa jembatan lain. Jembatan-jembatan yang dimaksud adalah sebagai berikut:


  • Jembatan Tengku Fisabilillah (jembatan I), jembatan yang terbesar


  • Jembatan Nara Singa (jembatan II)


  • Jembatan Raja Ali Haji (jembatan III)


  • Jembatan Sultan Zainal Abidin (jembatan IV)


  • Jembatan Tuanku Tambusai (jembatan V)


  • Jembatan Raja Kecik (jembatan VI).



  • 5. Jembatan Suramadu 
        Jembatan terbaru di Indonesia, mengubungkan pulau Jawa dengan Pulau Madura. Menghabiskan dana sebesar 4.5 triliun Rupiah. dengan Panjang sekitar 5,4 km dan ditopang dengan struktur kabel yang menggunakan dua buah menara sebagai patok. Jembatan ini diharapkan mampu mempercepat laju kegiatan ekonomi di Pulau Jawa dan Pulau Madura.

    Masih bayak jembatan-jembatan lain di Indonesia, salah satu mega proyek yang akan dilaksanakan adalah jembatan Selat Sunda yang menghubungkan antara pulau Jawa dengan Sumatera.


    0 Responses

      Followers

      Adhie's world

      ShoutBox

      Name :
      Web URL :
      Message :
      :) :( :D :p :(( :)) :x

      Iklan iklan